Friday, March 13, 2020

Menulis Kisah Perjalanan

Oleh : Taufik Hidayat
Resume ke-7

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pak Taufik Hidayat adalah seorang dosen dan juga penulis buku. Beliau hobby dengan traveling dan memiliki beberapa blog. Buku-buku karanganya antara lain 1001 Masjid di 5 Benua, Mengembara ke Masjid-Masjid di Pelosok Dunia, dan Dinamika Timur Tengah Kontemporer. Buku2 tersebut beliau terinspirasi saat Travelling ke berbagai negara.
Selain itu beliau juga menulis di berbagai majalah baik Intisari angkasa Garuda dan lain-lain.Pertemuan kita malam ini temanya adalah sedikit trik menulis mengenai Travelling.
Beliau sedikit berbagi pengalaman teknik menulisnya yaitu dengan cara  observasi,  melihat, mengamati dan kemudian sedikit Menganalisa sambil mencoba mencari informasi lebih dalam tentang tempat yang kita kunjungi melalui wawancara atau juga brosur atau papan informasi. Menulis Travel tidak sulit karena kita coba cari keunikan, ciri khas,  sejarah dan bahkan latar belakang budaya serta situasi latar belakang politik kota atau negara yang kita kunjungi. Begitu juga sedikit pengetahuan tentang bahasa lokal juga akan memperkaya tulisan kita.

Beliau juga memberikan sedikit contoh kisah kisah perjalanan beliau ke negara negara eks Soviet yang dituangkan ke dalam tulisan beliau di beberapa bloknya salah satu diantaranya adalah termasuk ke masjid majsidnya yang menarik.

Salah satu cara dan teknik dalam menulis juga adalah judul yang menarik. Tulisan pribadi melalui wawancara dan observasi lebih hidup dan orisinal.
Teknik memberi judul dengan nama yg Sudah kita kenal. Misalnya jalan utama di kota Tblisi yaitu rustavellli avenue kita juluki Malioboro Untuk di ketahui Tblisi adalah ibukota Georgia negara eks Soviet di kaukasus.

Coba saja menulis tentang apa saja yang menarik.  Pertama harus rajin mengamati sesuatu yang menarik, Kedua kalau ada foto lebih mudah dan biarkan gambar yang bercerita.

Kesimpulan :
Menulis khususnya travelling itu mudah

  1. Tulis saja apa yg kita lihat
  2. kembangkan dengan cakrawala sosial budaya dan unsur lain yang menarik
  3. Kalau berbentuk artikel usahakan judul yang menarik
  4. Be yourself ,g unakam bahasa yang kita nyaman 
  5. Jangan menunda dan Mulai menulis besok

Wassalamu'alaikum WR. Wb

No comments:

Post a Comment

"Paparangang Upu Said Parentah"

S. Pikalouhata, S.Pd.,Gr Ambon, 15 Mei 2024 Wahai tuan parentah Sungguh titahmu bergelora menentang maut demi tumpah darah, Kawan lama lari ...