Thursday, March 5, 2020

Merawat Motivasi Mengelola Blog

Oleh : Dedi Dwitagama

Resume kedua

Assalamaualikum Wr. Wb

Sembari menunggu pemberian materi belajar menulis hari kedua oleh bapak Dedi Dwitagama, saya dan istri sedang berada dirumah keluarga yang akan melangsungkan pernikahan anak gadisnya besok pagi Kamis, 5 Maret 2020 di Ambon.
Sesekali Hp diaktifkan untuk mengecek grup WA Belajar menulis gelombang 4 kendatati sinyal WiFinya agak lelet. Tak lama berselang Leader grup yang biasa disapa omjay mempersilahakn pak Dedi Dwitagam untuk membuka materi pembelajarannya hari ini.Maaf, saya buka gerbang rumah dulu ( Ibarat tuan rumah yang akan mempersilahkan tamu untuk masuk kerumah )
Perkenalkan nama saya Dedi Dwitagama, yg mau tahu lebih jauh tentang saya silahkan kesini.Sambil memperkenalkan beberapa alamat media sosialnyadan blog)

fokus materi diskusi malam tentang merawat motivasi mengelola atau menulis di blog.

Grup terlihat aktif dengan beberapa pertanyaan tentang kiat dan cara menulis diblog masing-masing.
"saya cuma memanfaatkan gadget" pungkas pemateri.
Sebagai bagian dari penduduk era 4.0 penggunaan gadget untuk apa saja yang bermanfaat, termasuk menulis blog.

Sambil memebrikan motivasi, sesjkali pemateri memberikan sedkiit informasi tentang pembuatan blog di ataranyany adalah blog  pertamanya di tahun 2005 http://dwitagama.blogspot.com/, kemudian pada tahun 2007 berpindah ke rumah barunya di wordpress.com
Sedikit kocak dalam pemberian materi, pemateri berkata kepada para penanya di grup belajar menulis, "search pake kacamata pembesar cari nama Dwitagama ibu bakal ketemu orang ganteng.

Teman-teman yg punya pertanyaan boleh langsung bertanya agar saya bisa memenuhi keingintahuan teman-teman dan lebih bermanfaat, Silahkan (pemateri memersilahkan untuk bertanya dan berdiskusi.

"Siap pak"
"siap bergabung pak".
Sahut beberapa orang perserta.

Saya menulis bisa kapan saja, sambil menunggu rapat, saat menjemput anak, istri, di parkiran mengantar istri ke pasar, menunggu jadwal pesawat, ini tulisan saya di kompasiana beberapa hari yang lalu saat menjemput anak saya pulang sekolah, Salah satu contoh tulisannya adalah tentang tawuran "https://www.kompasiana.com/dwitagama/5e5c9851d541df731214b4d2/tawuran-promosi-sekolah-paling-mudah-dan-murah"

Blog sering digunakan oleh jurnalis profesional yang punya artikel dan tak bisa di terbitkan di medianya karna bertentangan dengan missi media dimana dia bekerja.blog juga bisa dimanfaatkan untuk promosi sekolah dan pekerjaan sampingan.

Salah seorang anggota bertanya :  Pak Dedi,  bagaimana cara menghilang rasa was-was tentang tulisan yangg kita buat bisa menyinggung pihak lain. Padahal tulisan yg kita buat itu memang sesuai kenyataannya.

Ambil saja yangg anda butuhkan, sisanya cuekin hehhe (jawab pemateri sambil tertawa agar suasana diskusi tidak kaku)
Supaya tidak kena pasal ITE, jangan tulis nama asli dan lokasi asli. Gunakan nama samaran dan lokasi samaran, salah satu contoh kasus persis yang di tulis pak Dedi :https://www.kompasiana.com/dwitagama/5e4cb592097f360b146add02/di-negeri-paman-besut-boleh-berpura-pura-miskin, dan mengejutkan ternyata jadi artikel pilihan redaktur kompasiana.

Salah satu contoh agar orang bisa menulis dengan mudah dan terinsfirasi dengan judul yang akan ditulis adalah dengan rajin membaca dan memeperhatiak cara penulisan blog-blognya orang dan disitulah kita akan sedikit mengetahui trik-trik penulisannya.

Sedikit bercerita tentang pengalaman ngeblog tulisan, pemateri sering diundang kesana kemari, bahkan pada 2008 sy hadir di 181 forum seminar, yg honornya bisa buat membeli satu unit mobil lebih 200 juta,

Mau menulis dan ngeblog dengan gampangdan tidak bikin was was, setiap anda kuliner makan apa saja dimana saja atau jalan-jalan sendiri dan bareng keluarga posting saja foto" dan sedikit penjelasannya di blog.
Saat membaca barita ttentang sesuatu, kita juga bisa berkomentar sesuai ide kita, (sambil memberikan contoh tulisan di blog oleh pemateri) : ini tulisan saya yang gregetan gegara baca berita dua SMK negeri di gorontalo tawuran gegara TALI BH, see https://www.kompasiana.com/dwitagama/5e5c9851d541df731214b4d2/tawuran-promosi-sekolah-paling-mudah-dan-murah

Jika ide yangg muncul atau ada keperluan posting bahan ajar, silahkan lakukan saj sesuai mood saat itu, saat plajaran sudah selesai. Saat sedang liburan, posting tentang liburan, saat happy lihat tumbuhan di rumah yg buahnya lebat, foto dan posting saja. sebab itu juga untuk melatih kita untuk menulis. atau posting tentang sekolah dengan foto sekolah anda dari berbagai sudut pandang plus cerita" bagus yg pernah ada, supaya bisa dibaca orang lain dan dikenang lama. Bayangkan bahwa yang baca tulisan kita itu datangdari  berbagai latar blakang, jadi kita akan berusaha menulis dengan cara yg mudah dimengerti oleh siapa saja, lewat pembiasaaan itu akan jadi mudah dan mengalir bgtu saja ide kita untuk menulis.

Alogikan facebook itu seperti mall besar yang banyak dikunjungi orang dan ketika mau mencari sesuatu seseorang harus masuk ke toko satu persatu, sementara blog itu seperti toko kita sendiri yang kita antar langsung ke pembaca lewat HP atau laptop, dan pembaca langsung masuk ke toko kita tanpa larak lirik ke toko lain, dikopy saja tulisan di facebook, sertakan foto lalu upload di blog sehingga ada dua tulisan tentang satu ide dan bisa disimak oleh makin banyak orang,

Pak dedi, (bertanya salah seorang peserta) "saya baru saja menggunakan blog, dan setiap hari menceritakan apa yang terjadi di skolah saya. Apakah nanti saya dikira pamer" ?

Jawab Pak Dedi "alhamdulillah mari nulis terus, dari pada ngegibah. Berdosa ngeghibah dapat pula  nerak. Sekolah harus dipamerkan kalau tak mau tenggelam ditelan masa.  Perbanyak saja menulis tentang sekolah anda, agar jika ada kabar buruk tak baik dikabarkan media terjadi di sekolah anda, berita buruk itu akan tenggelam oleh ratusan berita baik yang sudah anda buat, anda sehari anda posring satu kabar baik sekolah anda maka setahun akan lebih 200 kabar baik bertebaran di dunia maya, apalagi jika anda ajak murid-murid menulis tentang sekolah anda dan posting di blog, instagram, youtube dengan judul mencantumkan nama sekolah anda.

Pemateri sdkit bercerita tentang pengalamnnya : di bulan Juli 2012 sy pernah menulis 102 posting, see https://dedidwitagama.wordpress.com/2012/07/, itu artinya sehari saya bisa menulsi 3 artikel , zaman itu wordpress belum bisa schedule ... skarang jika sedang mood dan ada kesempatan sy bisa menulis 7 artikel dan saya jadwalkan terbit 7 minggu ke depan, sminggu skali aja cukup, sehingga dua bulan ke depan andai saya kering ide posting baru saya tetap muncul, jika mau membuat buku (sebenarnya sudah ada yg menawarkan menerbitkan tulisan saya) tapi saya belum mood untuk mengelompokkan tulisan saya sesuai topik dan diterbitkan, next time insya allah.

Kesimpulan dari pertemuan tadi ini (WIT berarti sudah memasuki pagi)
Blog bisa jadi cara kita memberi manfaat buat alam semesta dengan mengabarkan kebaikan (walau satu posting), dan kebaikan kita itu akan selalu berbalas, tinggal tunggu waktunya saja untuk bisa konsisten menulis di blog, rajin"lah mengunjungi blog orang lain dan memodifikasi posting yg kita baca dengan gaya menulis kita sendiri, di era industri 4.0 blog bisa untuk personal branding diri kita, jika tulisan kita bermanfaat buat org lain maka itulah sebaik-baiknya manusia yang bermanfaat buat sesama dan alam semesta.

Wasslamualaikum Wr. Wb

No comments:

Post a Comment

"Paparangang Upu Said Parentah"

S. Pikalouhata, S.Pd.,Gr Ambon, 15 Mei 2024 Wahai tuan parentah Sungguh titahmu bergelora menentang maut demi tumpah darah, Kawan lama lari ...