Saturday, July 11, 2020

Temu Kangen

Assalamu'alaikum Wr. Wb. 
Salam literasi !
Ruang Azalea. Bimtek Literasi Makassar
Pukul 22.00 WIT, tatap muka via zoom bimtek literasi Makassar diagendakan. Mengambil inisiatif kegiatan tatap muka adalah bapak Pudi Hartono. Beliau adalah mantan seorang guru SD yang sekarang menjabat anggota DPRD kota Bengkulu. 

Terbilang 2 tahun lebih sudah kita tidak bersua secara langsung. Mengingat waktu, tempat, kondisi, jarak dan kesibukan masing-masing. Memang ya jodoh takkan kemana. Seperti halnya pertemuan kita barusan di virtual via zoom. Memang kami sering berkomunikasi di WhatsApp grup bimtek literasi Makassar. Itupun sebatas chat dan saling memberikan informasi.



Silaturahmi kami via zoom ini baru pertama kali. Rasa senang dan bahagia bisa bertatap muka dan saling berbincang walaupun baru beberapa anggota saja yang hadir. 2 jam room kami tersedia. Obrolan kami lepas dan ringan. Saling sapa, bercerita pengalaman dan aktivitas sehari-hari. 

Ibu Ros tantina bercerita tentang kondisi Surabaya saat ini yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai zona merah. pujian dan sanjungan dihaturkan kepada ibu Risma selaku walikota dengan segala kebijakan yang merakyat di masa pandemi. 

Lain halnya ibu Rosdiana dari Batam. Ditinggal suaminya dinas di luar negeri dan anak-anaknya mondok ke pesantren. Kondisi kota Batam beda dengan kondisi di kota-kota besar yang terdampak zona merah. Anak sekolahan dibolehkan untuk mengikuti proses belajar mengajar di kelas tapi tetap  mengikuti protab covid-19.

Zona merah juga terdapat di Lombok. Daerah tempat tinggalnya ibu Rina muzanni. beliau bercerita banyak tentang keadaan Lombok di masa gempa dan pandemi ini.  Anak-anak belum dibolehkan untuk bertatap muka di kelas. Sementara anak2nya sudah mulai mondok dan dibolehkan santrinya mengikuti proses belajar.

Biaya perjalanan dinas dipotong 50%, agenda dan program untuk pembangunan daerah masih dihentikan sementara. Rencananya, sektor sektor pendidikan akan dikembangkan lebih baik lagi jika pandemi ini berakhir. Tutur bapak dewan Pudi Hartono yang insya Allah selalu berkhidmat kepada rakyatnya.

Saya sendiri lebih banyak bercerita tentang keadaan dan kondisi Ambon saat ini. Walaupun kondisi kota berjuluk Ambon city of musik lagi memerah wilayahnya. Tak lupa saya promosikan bahwa Ambon itu manise. Kotanya manis, orang-orang yang manis tutur dan pergaulannya dan indah kotanya.
sesekali saya bercerita tentang kondisi proses belajar mengajar dalam kondisi pandemi yang mengharuskan tidak bisa bertatap muka dengan para siswa. 

Semoga saja pandemi di negeri ini cepat berlalu.
Silaturahmi bimtek literasi Makassar pun mudah-mudahan tetap terjaga. 

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

4 comments:

  1. Tetap berkarya dg Menulis di Blog
    Bismillah
    Jumat, 10 Juli 2020, Postingan ke-420. Mohon doanya satu hari satu postingan di blogwww.sarastiana.com


    Google Adsense di Bawah 1 Dollar?
    http.sarastiana googleAdsense.com

    Metode Pembelajaran Sosiodrama
    www.sosiodrama.com

    Model dan Metode Pembelajaran http://www.modelpembelajaran

    ReplyDelete
  2. Senangnya bs bersua teman2 sekalipun virtual

    ReplyDelete

"Paparangang Upu Said Parentah"

S. Pikalouhata, S.Pd.,Gr Ambon, 15 Mei 2024 Wahai tuan parentah Sungguh titahmu bergelora menentang maut demi tumpah darah, Kawan lama lari ...