Saturday, July 4, 2020

Guru Produktif Menulis

Pemateri : Dr. Ngainun Naim
Oleh : S. Pikalouhata, S. Pd

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Hallo sahabat menulis !!!

Guru adalah kunci penting dalam dunia pendidikan. Jika guru berkualitas, besar kemungkinan kelas yang diajarnya juga berkualitas. Tapi jika gurunya kurang berkualitas, tentu hasil pembelajarannya juga kurang sesuai dengan harapan.

Salah satu kunci penting peningkatan kualitas guru adalah dengan membangun budaya literasi. Literasi berarti budaya membaca dan menulis.
Dr. Ngainun Naim

Seorang guru yang mau terus membaca buku dan menulis memiliki peluang untuk semakin meningkat kualitas dirinya. Semakin banyak buku yang dibaca, semakin banyak karya yang dihasilkan, maka akan memiliki kontribusi penting bagi kemajuan pendidikan.

Kunci penting dalam menulis

1. Motivasi

Kunci itu alat untuk membuka. Alat yang bisa menjadikan kita sekalian produktif dalam menulis. Ibaratnya jika sekedar untuk mendapatkan kunci saja dan tidak dipraktikkan, tentu kunci itu kurang fungsional.

Silahkan ditata mulai sekarang. Motivasi menulis bisa berupa apa saja yang kita inginkan. Contohnya :
  • Motivasi karir
Menulis merupakan aktivitas yang berkaitan erat dengan profesi Bapak Ibu sekalian. Implikasinya, semakin mahir menulis maka semakin lancar karir yang kita tempuh.

  • Motivasi materi
Menulis itu menghasilkan honor. Bagi penulis yang sudah sangat terkenal, honor memang sangat berlimpah. Bukunya terus mengalami cetak ulang. Namun jumlah mereka yang beruntung dari sisi ini tidak terlalu banyak. Sebagian besar penulis justru kurang mendapatkan perhatian dari sisi materi.

  • Motivasi politik
Menulis ditujukan untuk mencapai tujuan politik tertentu.

Kita juga bisa menambah jenis motivasi yang telah disebutkan. Namun perlu diingat bahwa apa pun motivasi yang dipilih maka akan mempengaruhi terhadap tulisan atau buku yang akan dihasilkan.

Motivasi menulis juga bisa berupa motivasi cinta. Menulis karena memang mencintai aktivitas menulis. 

 2.  Menulis itu Anugerah

Banyak orang yang mau menulis tapi tidak mampu mengerjakannya. Bisa karena kesibukan atau sejuta alasan lainnya. Banyak yang sesungguhnya mampu menulis tetapi tidak mau menulis. 

Menulis itu membuat kita menjadi berbeda dibandingkan orang-orang yang lainnya. Sesederhana apa pun buku yang kita hasilkan itu tetap memiliki kontribusi penting. Jangan dengarkan nyinyiran yang tidak konstruktif. Selama kita sekalian terus menulis maka akan menjadikan kita sebagai makhluk yang berbeda dengan kawan-kawan lainnya.

 3.  Menulis itu memberikan keajaiban dalam hidup.

Menulis itu memberikan banyak sekali manfaat. Pak Wijaya Kusumah/Om Jay seorang bloger, youtuber dan guru kita semua, mengatakan bahwa menulis setiap hari itu telah memberikan keajaiban dalam kehidupan. Coba kita simak apa saja bentuk keajaiban yang beliau rasakan karena menulis.
  • Mendapatkan banyak materi. Karena rajin menulis, bukunya mendapatkan banyak royaliti.
  • Sering diundang sebagai pembicara di berbagai forum.
  • Memiliki banyak teman. 
  • Bisa membeli peralatan yang dibutuhkan dalam kehidupan. 
  • Tulisan adalah alat perekam kehidupan yang ajaib.
4. Tidak mudah menyerah

Banyak orang ingin menulis, tentu termasuk menulis buku, tetapi semangat menulisnya naik turun. Saat ikut kegiatan kepenulisan, semangat menulisnya berapi-api. Tetapi saat kembali ke dunia nyata, ke dunia kehidupan sehari-hari, semangat itu perlahan tetapi pasti memudar dan akhirnya hilang sama sekali. Saat bersemangat, menulis berlembar-lembar halaman dalam sehari terasa ringan. Saat tidak bersemangat, satu paragraf pun terasa berat sekali. Bahkan sangat mungkin berbulan-bulan tanpa menulis sama sekali. Menulis lima paragraf yang dilakukan rutin setiap hari jauh lebih baik daripada sepuluh halaman yang dilakukan tiga bulan sekali.

5. Berjejaring

Jadi penulis jangan menepi. Memang saat sekarang kita harus menepi karena Corona, tetapi bukan berarti tidak berinteraksi. Bangun jejaring kepenulisan. Ikut kegiatan belajar menulis juga dalam rangka berjejaring.

 6.  Menulis sebanyak-banyaknya

Menulislah setiap hari tanpa henti. Lakukan secara terus-menerus. Jika Anda merasa tulisan Anda tidak baik maka dengan menulis setiap hari tulisan Anda akan otomatis menjadi baik.

4 comments:

  1. Mari kita Belajar Menulis bersama doktor ngainun naim

    ReplyDelete
  2. keren ..resumenya
    guru adalah kunci dunia pendidikan
    kita adalah guru
    maka kitalah yang menjadi kunci oembuka dunia pendiidkan
    salam literasi.....
    main ke blogku ya ssbdok8.blogspot.com

    ReplyDelete

"Paparangang Upu Said Parentah"

S. Pikalouhata, S.Pd.,Gr Ambon, 15 Mei 2024 Wahai tuan parentah Sungguh titahmu bergelora menentang maut demi tumpah darah, Kawan lama lari ...