Wednesday, July 22, 2020

Persipan Webiner Dewan Guru

Asslamaualaikum Wr. Wb.
Hallo Sobat Blogger !!!


Sekolahan memang belum aktif secara tatap muka langsung tapi aktif di dunia maya aplikasi video confrence. Sosial distancing memang diberlakukan mengingat anjuran dan himbauan pemerinta kota Ambon Cq. Dinas Pendidikan Kota Ambon. 

Pada percakapan grup via apliksi WhatsApp 79 Famliy, kepala sekolah menginstruksikan kepada saya untuk membuat jadwal pertemuan meeting dengan memanfaatkan aplikasi zoom cloud. Tujuan dari pertemuan ini sendiri adalah untuk mengumumkan pembagian tugas guru dan tendik di tahun pelajaran 2020/2021 dan membicarakan beberapa hal penting yang berkaitan dengan PBM yang akan diampuh untuk peserta didik dan guru nantinya di masa pandemi ini. Memang terkesan agak terlambat Namun karna satu dan lain hal sehingga proses diumukannya menjadi terkendala. Dari keterlambatan yang tidak disengaja ini, ada beberapa diantara rekan-rekan guru juga sudah ada yang berproses belajar dengan beberapa siswa secara online. Bukan karena sudah mengetahui bocoran SK pembagian tugas namun keterpanggilan hatilah dan naluri pendidiklah yang menuntun untuk menunaikan kewajiban.

Malam ini saya mulai mempersiapkan room meeting yang nantinya akan dipakai besok. Pertemuan zoom meeting sendiri dijadwalkan pukul 10.00 WIT. bertindak sebagai host dan moderator nantinya adalah saya. 

Link sudah saya bagikan ke grup WhatsApp dan mengingatkan bahwa 20 menit sebelum kelas dimulai peserta sudah harus mempersiakan aplikasinya untuk join meeting. 

Webinar via aplikasi zoom meeting ini mungkin sudah tak asing lagi bagi peserta guru yang sudah terbiasa mengoperasikannya. Namun bagi peserta guru yang belum mahir sudah pasti agak sedikit kelabakan dan kaku. Semuanya itu tidak jadi masalah asalkan memang ada niat dan minat untuk terus berbenah demi kemajuan diri sendiri terlebih kepada peserta didik dan sekolah. 

Usai membuat persiapan schedule meeting, absen pertemuan besokpun saya persiapkan. Absen ini sendiri akan saya bagikan nanti saat kelas meeting sedang berlangsung. Tujuannya adalah untuk mengdokumentasikan hasil pertemuan sebagai bahan portopolio jika dibutuhkan dikemudian hari sebagai kelengkapan akreditas sekolah. 

Sarana pemanfatan pembuatan absen ini sendiri saya menggunakan google formulir. Agak bingung juga sih untuk membuatnya. Bukan karena tidak tahu membuat absen dan mengoperasikan google formulir tapi memang karna sudah agak lama tidak latihan dan membuka situsnya jadi terkesan kikuk. 

Semoga saja langkah awal dari tahapan proses ini bisa merangsang dan memotivasi kami untuk mengarungi tahun ajaran baru walau dalam konsisi pandemi yang mengharuskan proses belajarnya PJJ.

Sampai jumpa dilain waktu dalam ruang yang sama.
Wassalamualaikum. Wr. Wb

7 comments:

"Paparangang Upu Said Parentah"

S. Pikalouhata, S.Pd.,Gr Ambon, 15 Mei 2024 Wahai tuan parentah Sungguh titahmu bergelora menentang maut demi tumpah darah, Kawan lama lari ...