Monday, June 29, 2020

Pertemuan ke-dua. Menyiapkan Kelas Daring

Sekarang waktu menunjukan pukul 13.30 WIT. Sambil menunggu virtual pertemuan ke-tiga dari ibu guru cantik dan smart yaitu Fitria Djibran, M. Pd dengan materinya pemanafaatan microsoft Kaizala yang direncanakan memeberikan materi hari ini pukul 14.00 WIT. saya menyempatkan sedikit waktu membuat tulisan atau resume pertemuan sebelumnya. 
Memang agak terlambat untuk menulis atau membuat resume belajar virtual menyipakan kelas daring. Tidak jadi masalahlah yang penting materinya masih segar tersimpan dikepala.




Masih sama seperti pertemuan sebelumnya. Forum Pengembangan Pendidikan Kecamatan Sirimau mengadakan pembelajaran Virtual bagi guru-guru SD hebat se kecamatan sirimau. Pertemuan ke dua ini membahas tentang pemanfaatan google form dan google sites untuk proses perencanaan belajar jarak jauh nantinya. 

Pemateri google form kali ini diisi oleh Sakundarius Lapaleleo, M. Pd atau biasa disapa pak Ari. selain menjadi pemateri, beliau juga adalah sahabat saya semasa proses perekrutan CPNS kategori II dilingkup Pemerinta Kota Ambon. Tugas pokok sebagai guru diabdikan di SD Negeri 2 Halong. 

Pertemuan ke-dua ini dilaksanakan pada hari Jumat, 26 Juni 2020.  Seperti biasanya, media belajar yang kami gunakan adalah Zoom Claud Meating. Kebutuhan website bagi guru profesional itu sangat penting. Salah satunya media pembuatan soal. Manfaat dari fitur google form ini sendiri lebih gampang di akses dan mudah dalam pembuatan soal yang menarik dan interaktif. Peserta diarahkan untuk membuka google chrome terlebih dahu. langkah-langkah selanjutnya adalah :
  • Membuka google form pada mesin pencarian denga memasukan kata kunci
  • Membuka google formulir
  • Membuat formulir dengan mengklik tanda tambah (new) dan diarahkan ke google formulir
  • Selanjutnya membuat daftar hadir siswa dan memebrikan nama absen
  • Menyiapkan kolom nama siswa yang wajib diisi.
  • Membuat kolom baru untuk pembuatan token 
  • Selanjutnya pembauatan soal PG, Isian maupun uraian.

Kesemua fitur-fitur form ini mudah dan gampang dipahami. Setelah form terisi, peserta atau guru diarahkan ke pengaturan lainnya sampai ke tahap akhir penilaian yang secara otomatis terinput dan mengcopy link yang akan dibagikan kepada siswa.

Materi selanjutnya di isi oleh Alfi Hasan alkatiri, M.Pd. Materi yang disajikan adalah pembuatan google site. cara membuatnya sama seperti mengakses google form. beberapa manfaat menggunakan situs google sites adalah : 

1.  Sebagai media pembelajaran.
Dimasa pandemi ini, proses kegiatan belajar mengajar mengharuskan kita untuk belajar dan kerja di rumah. Begitu juga bagi guru yang profesional seharusnya bisa mengsiasati PBM jarak jauh. 

2.  Media penyimpanan dokumen
google sites mempunya kapasitas tempat penyimpanan dokumen kerja yang tidak terbatas. 

3.  Sarana belajar siswa yang menyenangkan

Cara untuk membuat google sites :
  • Buka situs google sites pada peramban web. kemudian situsnya terbuka bagi peserta yang sudah terhubung dengan email google. jika belum maka harus disinkronkan dulu email googlenya.
  • Klik tambah atau new. kemudian pilih google sites stelah itu halam untuk pembauatan google sitenya siap digunakan..
  • Membuat judul halaman
  • Membuat situs web yang berada pada pojok kiri atas.
  • Mengunggah fhoto sampul
  • klik publis. stelah itu situs goole yang kita buat dengan domain https://sites.goole.com/nama situs sudah aktif.
Setelah itu peserta diarahkan mempelajari fitur-fitur selanjutnya yang ada pada goole sites.
Sumber di sini

salah satu kelebiahan dari intruktur-instruktur hebat ini adalah ketika proses virtual atau pelatihan selesai, kita akan dibagikan link YouTube tutorial materi yang sudah diajarkan kepada peserta virtual melalui grup WhatsApp.

No comments:

Post a Comment

"Story dalam Awwole"

Oleh S. Pikalouhata, S.Pd.,Gr  Gadihu, 1 Mei 2024 Di persada bumi Honimoa, Siri Sori Islam bersemi dengan sejarahnya, Disanalah silaturahmi ...