Sunday, April 5, 2020

Gempa Bumi Mereda, Corona Mengintai

Oleh: S. Pikalouhata S. Pd

Assalamualaikum Wr. Wb.
Tabea !!!

Sudah sekian kali gempa bumi menghujam bumi Jazirah Al-Mulk negerinya para raja-raja diahir 2019 dan awal 2020. tercatat sebanyak lima ribuan kali gempa bumi terjadi di Maluku. serentak tanpa instruksi aktifitas pasar, perkantoran, lembaga pendidikan termasuk sekolah diliburkan.

Takterbayang saat pertama kali gempa melanda negeri rempah cengkeh dan pala ini, 26 September 2019 pukul 08.46 WIT aktifitas belajar siswa seketika menjadi riuh tangisan merebak diseantero Maluku terkhusus kota Ambon saat terjadi gempa bumi magnitudo 6,5 dengan jarak 42 km timur laut Kota Ambon dengan kedalaman 10 KM.

Sudah hampir beberapa bulan ini gempa bumi tidak terdengar kabar. Sekolah-sekolah mulai aktif  dan proses belajar mengajar mulai normal tapi masih dihantui trauma. mudah-mudahan gempa bumi di Maluku tidak terulang lagi.

Tak berselang lama Negara kita dilanda musibah pandemi covid-19 yang sedang gentayangan dan merajalela. Pertengahan bulan Maret, terkonfirmasi  1 pasien positif virus corona asal Bekasi di Ambon di sini dan Alhamdulillah telah dinyatakan sembuh total dan dipulangkan ke Bekasi beserta 14 teman lainnya yang datang bekerja di Ambon.

Seketika wajah-wajah cemas mulai semringah karna sementara Kota tercinta  ini terbebas dari virus yang tak kunjung ditemukan penawarnya.
Kota Ambon
Bak gayung bersambut, kota yang dijuluki city of music ini digegerkan lagi dengan kabar diduga positifnya seorang nenek berusia 74 tahun Disini. Tak ayal sebagian masyarakat mulai resah dan jenuh dengan mengikuti anjuran berdiam diri di rumah. sementara aktifitas pelabuhan dan bandara tetap dibuka sehingga yang terjadi saat ini adalah para ODP, PDP dan pasien positif covid-19 adalah rata-rata warga pendatang.

Segala aktifitas di kota Ambon macet, Dunia pendidikan mati suri dibuatnya. Orang tua murid jadi guru dadakan dan Tatap muka nyata kini menjadi tatap muka Maya. Semoga saja bangsa kita ini terbebas dari wabah virus Corona covid-19 terkhusus Negeri Maluku tercinta ini.

Bilmaaf
Wassalamu'alaikum Wr. Wb




4 comments:

"Paparangang Upu Said Parentah"

S. Pikalouhata, S.Pd.,Gr Ambon, 15 Mei 2024 Wahai tuan parentah Sungguh titahmu bergelora menentang maut demi tumpah darah, Kawan lama lari ...