Saturday, June 27, 2020

Menyiapkan Kelas Daring Tahun Ajaran 2020/2021

Pertemuan pertama

Tahun ajaran baru di depan mata. Kegiatan belajar mengajar direncanakan mulai awal bulan Juli. Kegiatan itu pun dilakukan dengan belajar dalam jaringan. Bersamaan dengan itu pula Kota Ambon sudah menerapkan PSPB. Sudah pasti pembelajaran yang akan dilakukan oleh guru kepada siswa dilakukan di rumah masing-masing.

Upaya menghadapi proses belajar mengajar ke depan di masa pandemi ini, Forum Pengembangan Pendidikan  Kecamatan Sirimau mengagendakan workshop virtual selama PSBB berlangsug di Kota Ambon, yaitu workshop dari rumah masing-masing, juga sebagai ajang silaturahim dan ajang ketemuan virtual para guru di Kota Ambon menyamakan presepsi dalam hal menyiapkan strategi berupa bahan ajar, bahan evaluasi, kelas virtual, desain RPP PJJ, Ice Breakig virtual dan lain sebagainya.

Kegiatan hari pertama Kamis, 25 Juni 2020 diisi oleh instruktur hebat yaitu Alfi Hasan Alkatiri, M. Pd. Beliau adalah guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri 87 Ambon. Kegiatan daring ini menggunakan aplikasi zoom cloud meeting. Pemanfaatan aplikasi ini tidak asing lagi bagi guru-guru di Kota Ambon.

Materi yang pertama disuguhkan bagi kami peserta adalah pemanfaatan Google classroom. sebelum membuat Google classroom guru harus wajib memiliki akun atau email Google. Tujuannya adalah supaya bisa membuka Google Drive masing-masing dan bisa memulai membuka Google classroom. Setelah itu, peserta diarahkan untuk mengunjungi situs di mesin pencarian Google dengan cara mengetik Google classroom.com.

Peserta dianjurkan untuk membuka kelas baru. Setelah memiliki kelas baru banyak fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan salah satunya adalah membuat quis, latihan materi atau percakapan dengan peserta didik. Classroom ini sendiri bisa digunakan oleh beberapa guru kelas sejenis tujuannya adalah untuk bisa memantau perkembangan siswa saat guru yang bersangkutan tidak bisa hadir.

Setelah kelas baru ini diisi dengan berbagai rencana aktivitas yang akan dilaksanakan, guru seharusnya berkomunikasi dengan para siswa untuk mengetahui email. Tujuan dari pengambilan email siswa itu sendiri kegunaannya adalah untuk mengundang Siswa belajar atau mengunjungi situs classroom yang sudah dibuat. cara komunikasi untuk mengetahui dan mengumpulkan email siswa adalah melalui aplikasi WhatsApp grup kelas masing-masing.

Manfaat dari classroom ini sendiri :

  • Proses setting pembuatan kelas yang cepat dan nyaman.
  • Hemat dan efisiensi waktu
  • Mampu meningkatkan kerjasama dan komunikasi
  • Penyimpanan data yang terpusat
  • Berbagi sumber daya yang efisien praktis dan cepat. di sini
Keunggulan dan manfaat lain dari situs ini adalah penilaian yang secara otomatis bisa dibuka Dan disimpan sebagai bahan portofolio guru dan sekolah. 

2 comments:

"Story dalam Awwole"

Oleh S. Pikalouhata, S.Pd.,Gr  Gadihu, 1 Mei 2024 Di persada bumi Honimoa, Siri Sori Islam bersemi dengan sejarahnya, Disanalah silaturahmi ...