Saturday, October 30, 2021

Membuat Meja Belajar Gantung di Tembok

 Assalamualaikum Wr. Wb. 

Hallo sahabat bloger !


Menjadi tukang kayu hanyalah sekedar hobi bukan sebagai profesi tetap. Hobi menjadi tukang kayu terinspirasi dari orang tua. Orang tua saya tukang kayu biasa di kampung. Pekerjaan tukang kayu ini saya coba tirukan kembali berdasarkan daya ingat dan pengalaman bekerja sama almarhum bapak. Dengan kondisi pandemi dan kondisi sekolahan belum aktif sepenuhnya maka saya coba-coba saja untuk membuat hasil karya dari kayu. 

Kebetulan ada mesin serut, somel, bor kayu, mesin amplas kayu, mesin amplas kayu dan alat-alat tukang lainnya milik adik sepupu. Alat-alat tukang tersebut ditinggalin sebentar sama saya setelah menyelesaikan pekerjaan membuat lemari pakayan. Dari perkakas tukang itulah saya coba membuat meja belajar gantung di tembok dari bahan sisa-sisa pembuatan lemari.

Kerangka meja gantung

Penyambungan papan untuk meja

Meja gantung siap dirakit

Pertama-tama sisa-sisa kayu pembuatan lemari saya ambil sebagai bahan dasar pembuatan meja gantung. Kayu yang dipakai adalah kayu meranti dan palaka. Ukuran meja gantung saya sesuaikan dengan sisa kayu yang tersedia. Paku yang dipakai pun paku bekas yang sudah bengkok yang diratakan kembali. Ya hitung-hitung hemat dan masih bisa dimanfaatin. Lem yang dipakai adalah lem foks sisa dari penmbuatan lemari. 

Setelah diukur berdasarkan kebutuhannya. kayu-kayu tersebut disiku untuk meratakan ujung kayu yang mau di potong. Setelah itu kayu-kayu tersebut diserut untuk mendapatkan permukaan yang rata. Setelah proses pembuatannya selesai, meja gantung tersebut saya amplas untuk menghaluskan. 

Mulanya saya sediakan mur tembok, engsel dan pengait jendela untuk menahan meja dari beban. setelah itu proses perakitan dan menggantung meja belajar. Alhasil meja gantungpun siap dipakai.

Semoga bermanfaat !

Wassalamualaikum Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment

"Paparangang Upu Said Parentah"

S. Pikalouhata, S.Pd.,Gr Ambon, 15 Mei 2024 Wahai tuan parentah Sungguh titahmu bergelora menentang maut demi tumpah darah, Kawan lama lari ...