Tuesday, October 26, 2021

Bersih-bersih Blog

 Assalamulaikum Wr. Wb.

Hallo sahabat bloger !!!

Kebersihan merupakan sebagian dari iman, berarti tidaklah beriman seorang muslim jika tidak peduli dengan kebersihan. Tindakan demikian juga saya terapkan pada blog saya yang teribilang hampir setahun ini tidak tertata dengan baik dan belum diatur sebagaiman mestinya halaman seorang bloger. Ya boleh dikata masih kotor dari sampah-sampah pengauran yang berserakan. 

Pada mulanya, saya belum banyak mengenal wibsite blog. Saya mengenal blog melalui pelatihan belajar menulis yang dimotori oleh Bapak Wijaya Kusumah atau yang lebih akrab disapa Om Jay. Beliau adalah pengurus pusat PGRI dan guru bloger ternama. Saat mengikuti kegiatan belajar menulis melalui website blog, blog yang saya rawat dengan tulisan-tulisan belum tersentuh oleh pengaturan-pengaturan yang ada di blog selayaknya halaman bloger-bloger hebat dan ternama. 

Semalam saya coba sedikit mengutak atik halaman blog saya bermodal video tutorial yang pernah saya dapati pada pelatihan satu guru satu blog (Sagusablog) yang diprakarsai oleg IGI pusat. Ada banyak postingan tulisan-tulisan saya yang perlu saya bersihkan dari label-label yang tidak perlu. Label pada setiap postingan kini sudah saya rubah sebagaimana petunjuk tutorial. Semua tulisan postingan saya arahakan ke label-label yang sudah saya atur ulang dan akan terbaca pada bagian bawah header.

Header blog, followers, statistik blog, postingan populer, label, dan masih banyak lagi yang saya munculkan pada halaman blog. Tujuannya biar para penikmat, pembaca bisa nyaman berselancar dalam halaman blog saya dengan pengaturan-pengaturan yang sudah tersaji ditempat seharusnya. Semoga saja blog saya bisa terawat, bersih dari tulisan-tulisan yang menandung unsur sara, ujaran kebencian dan lain-lain.

Semoga saja bermanfaat 

Wassalamualaikum Wr. Wb. !!!   

No comments:

Post a Comment

"Paparangang Upu Said Parentah"

S. Pikalouhata, S.Pd.,Gr Ambon, 15 Mei 2024 Wahai tuan parentah Sungguh titahmu bergelora menentang maut demi tumpah darah, Kawan lama lari ...