Wednesday, October 28, 2020

PTS Daring Kelas 5a

 Assaalamualaikum Wr. Wb.

Hallo siswa siswi hebat !!!

Siswa SD Negeri 79 Ambon

Penilaian Tengah Semester (PTS) adalah sebuah proses evaluasi yang dilakukan pendidik, lembaga sekolah untuk menilai dan mengukur kemampuan belajar siswa selama setengah semester berjalan. Baik di semester 1 maupun di semester 2. Di kurikulum 2013, evaluasi di pertangahan semester berubah nama menjadi PTS. Kurikulum KTSP sebelum kurikulum 2013, PTS lazim di kenal dengan nama UTS. Dari peneybutan nama memang sekilas tidak ada bedanya namun memiliki arti dan makna yang sama tetapi memiliki perbedaan dari bentuk pembuatan soal, penilaian dan lain sebagainya.

Di masa sebelum warga bumi ini terjangkit wabah pandemi covid 19, lembaga-lembaga pendidikan termasuk Sekolah dasarpun disibukan dengan rutinitas PBM, penyusunan soal dan evaluasi. Menjelang pertengahan semester biasanya para guru dan siswa sudah bersiap-siap dan berancang-ancang mempersiapkan dirinya menghadapi evaluasi penilaian tengah semester. 

PTS di masa pandemi ini membuat tenaga pendidik dan peserta didik mati gaya. Aktivitas luring berbalik 180 derajat menjadi aktivitas daring. Dunia nyata menjadi maya dalam proses belajar mengajar dan tatap muka. Hal inipun dirasakan oleh siswa-siswi SD Negeri 79 Ambon terkhusus kelas 5a. Tentunya ini merupakan hal baru dengan gaya belajar mengajar yang baru. 

PTS untuk kelas 5 SD Negeri 79 kali ini terbilang bukan hal baru lagi bagi mereka dikarenakan hampir disetiap pengsian absen online sudah pernah di akses dan pernah mengisi quis online yang saya berikan. Pembauatan soal PTS mengguanakan google form. pemanfaatan google formulir ini terbilang sederhana dan gampang diakses menggunakan android. 

PBM dimasa pandemi ini tidak bisa disamakan atau dipaksakan mengikuti PBM  gaya belajar nyata. Demikian halnya juga dalam proses evaluasi PTS. Soal PTS yang dusajikan memang dalam bentuk permuatan mata pelajaran tapi tidak sebanyak soal-soal seperti masa-masa normal yang lalu. 

Link tulisan ini akan dibagaikan di grup WhatsApp  kelas 5a dengan hari dan tanggal yang sudah di sepakati dan ditetapkan. Semoga berhasil dan selamat bekerja.

Berikut soal PTS Semester 1 Kelas 5a SD Negeri 79 Ambon.

No comments:

Post a Comment

"Paparangang Upu Said Parentah"

S. Pikalouhata, S.Pd.,Gr Ambon, 15 Mei 2024 Wahai tuan parentah Sungguh titahmu bergelora menentang maut demi tumpah darah, Kawan lama lari ...