Monday, October 26, 2020

Belajar Daring Media Youtube Siswa Kelas 5 SD Negeri 79 Ambon

 Assalamualaikum Wr. Wb.

Hallo sahabat daring !!!


momo edukasi adalah channel yang berisikan video pembelajaran Tematik dan matematika kelas 5. Pandemi covid-19 merubah paradigma belajar luring menjadi belajar aktif daring kian berkelanjutan. Berbagai metode dan strategi sudah dicoba guna menyelenggarakan pembelajaran di masa pandemi ini. Live zoom, google clasroom dan sejenisnya dirasa terlalu berat bagi siswa dan guru karena ketersediaan paket data, kemampuan HP dan leptop yang tidak memadai, Kesibukan orang tua sehingga tidak bisa mendampingi anak dan bahkan kepemilikan android pun tidak semuanya dimiliki oleh siswa sehingga proses belajar mengajar yang direncakan uintuk selalu live sering terhambat dengan kehadiran siswa. 

momo edukasi

Aplikasi Yotube yang lagi trending menjadi media alternatif pembuatan bahan ajar berupa video pembelajaran. Di channel momo edukasi, bahan ajar, media belajar, materi ajar dan evaluasi coba diramu menjadi satu perangkat. Alhasil, konten yang dinikmati atau di share ke grup belajar siswapun dirasa menyenangkan dikarenakan konten atau video pembelajaran yang dikirim bisa dinikmati kapan saja tergantung ketersedian paket data siswa atau orang tua.

Selain Video pembelajaran matematika, di momo edukasi channel juga, saya membuat video pembelajaran tematik kelas 5. Kebetulan pada tahun ajaran ini saya ditugaskan rangkap sebagai guru kelas 5a dan guru mata pelajaran Matematika kelas 5a, 5b, 5c. Dari video pembelajaran yang saya share ke grup Whatsapp tiap kelas, saya sering menyempatkan waktu untuk menjelaskan dan memberi bimbingan terkait isi konten video. Tujuannya agar belajarnya guru dan siswa tidak satu arah. 

Hampir setiap hari saya membuat konten video pembelajaran. Kadang sehari bisa buat 2 konten video pembelajaran matematika karena memang besitnya saya di pelajaran matematika dan materi belajarnya pun tidak terlalu banyak. Satu buah video pembelajaran tematik kadang memakan waktu pembuatan 3-5 jam. Mengingat media pembuatan videonyapun masih sederhana dengan pemanfaatan android yang daya tampung memorinya tidak cukup. 

Antusias siswa dalam mengikuti belajar daring melalui video pembelajaran ini terbilang semangat dan menyenangkan karena di dalam konten video banyak berisi animasi-animasi untuk menarik minat siswa. penjelasan dari materi video pembelajaran juga tidak semata-mata sumbernya diambil dari buku siswa. Hal ini membuat siswa begitu senang dan antusias bisa mendapatkan tambahan ilmu dan sumber referensi lain. Di momo edukasi sudah terdapat 100 lebih konten video pembalajaran tematik kelas 5 dan matematika kelas 5.

Wassalamualaiku. Wr. Wb.



No comments:

Post a Comment

"Paparangang Upu Said Parentah"

S. Pikalouhata, S.Pd.,Gr Ambon, 15 Mei 2024 Wahai tuan parentah Sungguh titahmu bergelora menentang maut demi tumpah darah, Kawan lama lari ...